Jumat, 19 Februari 2016

Rumah burung walet budget murah

MEMBANGUN RUMAH BURUNG WALET BUDGET MURAH

Sejak awal tahun 2000 banyak orang berlomba-lomba membangun rumah burung walet dan berinvestasi pada rumah burung walet. Hal ini disebabkan prospek yang dianggap sangat menggiurkan dari hasil penjualan sarang burung walet yang di kala itu berharga hingga belasan juta rupiah per kilogram nya. Namun yang namanya investasi tentu tak selamanya berhasil dan berbuah manis, terkadang ada juga menderita kerugian. Apalagi bila berinvestasinya dengan memaksakan diri meminjam uang dengan bunga yang besar dari pihak ketiga. Alih-alih memaksakan diri untuk berinvestasi dalam jumlah besar ke bangunan walet lebih baik bila kita berinvestasi membangun rumah burung walet dengan modal seadanya.
Berdasarkan pengalaman penulis selama membeli sarang burung walet dan berhubungan langsung dengan para petani sarang burung walet, penulis dapat menyimpulkan bahwa tidak selamanya burung walet memilih rumah yang besar dan bagus (terbuat dari bahan-bahan berkualitas baik). Ada kalanya rumah burung walet yang tampak reot dan tidak kokoh malah banyak berisi burung walet. Oleh karena itu ada baiknya para pembaca yang budiman lebih bijak dalam berinvestasi. Bagi yang memiliki modal besar, barang tentu saja boleh untuk mencoba trik-trik yang banyak beredar di internet seputar rumah burung walet. Namun bila para pembaca memilik modal pas-pasan untuk membangun rumah burung walet di daerah yang berprospek baik dan banyak burung waletnya, ada baiknya beberapa hal ini menjadi pertimbangan sebelum membangun rumah burung walet anda.

1.   Lokasi yang strategis, yang dimaksud dengan lokasi yang strategis adalah lokasi dimana banyak populasi burung walet yang berkeliaran dan belum banyak rumah burung walet yang dibangun di lokasi tersebut. Faktor alam pun menjadi hal yang harus diperhatikan dengan serius. Jika disekitar lokasi tersebut didukung oleh sumber daya alam yang baik, niscaya lokasi tersebut dapat berkembang menjadi sentra walet dengan populasi burung walet yang besar.
2.    Bangunan rumah burung walet yang akan dibangun tidak perlu besar dan megah. Cukup dengan membuat bangunan sederhana dari papan pun burung walet akan menginap asalkan bangunannya bersih dari hama seperti tikus, kecoa, cicak/tokek, dan predator seperti burung hantu.
3.   Penggunaan bahan rumah burung walet. Banyak orang mengira burung walet seperti manusia yang ingin dimanja dengan bahan-bahan terbaik dan termahal. Bahkan di beberapa bangunan burung walet ada yang memasang pendingin udara (AC) untuk menjaga suhu didalam bangunan. Hal ini sebenarnya tidak perlu, karena saat malam tiba suhu yang kita ukur saat siang hari akan berbeda apalagi dengan menggunakan pendingin udara, bisa jadi suhu pada saat malam menjadi terlalu dingin. Untuk sirip misalnya tidak perlu juga sampai menggunakan kayu jati atau kayu-kayu yang mahal lainnya. Yang penting untuk burung walet adalah kayu atau papan tempat hinggap dan bersarangnya selalu kering, tidak jamuran, tidak berbau dan gampang dihinggapi.
4.  Design rumah burung walet yang mengharuskan anda untuk merogoh kocek yang cukup besar sebaiknya dipikir ulang kembali. Rumah burung walet tidak perlu terlalu banyak hiasan dan aksesoris yang tidak perlu.
5.    Tinggi bangunan walet dari lantai ke lantai tidak perlu terlalu tinggi. Cukup 3 meter dari lantai ke lantai sudah cukup buat burung walet. Bila terlalu tinggi malah akan menambah budget dan pengeluaran anda.

Demikian tips untuk membangun rumah burung walet dengan budget rendah. Semoga rumah burung walet anda sukses dan memberikan hasil panen yang melimpah.


Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel penulis ini. Salam sejahtera dan salam sukses buat anda semua.

1 komentar:

  1. permisi numpang promo gan
    Sy punya sarang walet gedung/rumah
    Kualitas putih bersih
    Yg mau pesan silahkan
    Hub:081241485432

    BalasHapus

Silakan memberi komentar atau berbagi cerita dan pengetahuan